ALAT PENGUKUR SILINDER BLOK MESIN


Cylinder Gauge 


Cylinder Gauge adalah alat ukur yang juga menggunakan dial gouge.Cylinder Gauge sering digunakan untuk mengukur diameter silinder mesin dan komponen lainnya secara teliti.Pada ujungnya terdapat dial gouge dan pada sisi lainnya terdapat Measuring Point.
Measuring Point ini dapat bergerak bebas, jumlah geraknya di tunjukan oleh dial gouge.Jarak  measuring point dan replacement rod adalah sama denga benda yang diukur.
   
A.    Konstruksi

A.      Bagian-bagian Cylinder Gauge 




A.      Metode pengukuran

1.       Ukurlah diameter silinder dengan vernier caliper.
Pilihlah replacement rod dan washer yang sesuai, dan pasangkan pada silinder gouge.Bila hasil pengukuran diameter adalah 53,00 mm,gunakan replacement 50 mm dan replacement washer 3 mm.

2.       Mikrometer diset pada 53,00 mm, seperti hasil ukur diatas,tempatkan replacement rod dan measuring point kedalam mikrometer dan dial gouge diset pada nol kejarum penunjuknya (pointer)
3.       Masukan cylinder gouge pada posisi diagonal kedalam silinder,gerakan cylinder gouge sampai diperoleh hasil angka pembacaan terkecil.Bila hasil pembacaan adalah 0,04 mm berarti diameter silinder 0,04 mm lebih kecil 53,00 mm ( set hasil mikrometer ).karena diameter silinder adalah 52,96 mm ( 53,00 – 0,04 mm )



B.      Prosedur mengukur benda kerja

-          Menyiapkan alat dan bahan
-          Membersihkan benda kerja
-          Memilih alat ukur yang tepat
-          Mengkalibrasi alat ukur dengan benar
-          Menggunakan alat ukur dengan benar


C.      Contoh kegiatan mengukur



v  Benda kerja
v  Gambar metoda pengukuran silinder blok

 

0 comments: