SISTEM PELUMASAN



                             SISTEM PELUMASAN SEPEDA MOTOR 

          Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.Sitem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin sepeda motor kebanyakan menggunakan sistem  udara ,tetapi sekarang mulai dibuat dengan pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi mempunyai banyak keuntungan . Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi.

       Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya. Sebenarnya sistem pendinginan mesin terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem pendingin mesin lihat disinihttps://drive.google.com/open?id=0B91FUsldYGAINUtWdi1zZ2RXOGM...

0 comments: