MEMAHAMI SISTEM PELUMASAN SEPEDA MOTOR MATIC DAN NON MATIC
SISTEM PELUMASANSsistem pelumasan dalam mesin merupakan bagian yang sangat penting dimana untuk memberikan kemudahan gerakan pada setiap komponen mesin serta mampu meredam suara dan getaran mesin sehingga kendaraan selalu siapdigunakan baik untuk jarak dekat maupun jauh atau dalam waktu lama atau sebentar.Pelumas merupakan sistem yang dipakai hampir semua mesin.
Sistem pelumasan memungkinkan semua komponen dapat bergerak dengan lancar shingga putaran mesin menjadi ringan.
Untuk mengetahui bagaimana sistem pelumasan pada mesin ini bekerja anda bisa klik disini...https://drive.google.com/open?id=0B91FUsldYGAINUtWdi1zZ2RXOGM
Pada mesin sepeda motor terdiri dari beberapa komponen, terdapat komponen yang diam dan ada yang bergerak. Gerakan komponen satu dengan yang lain akan menimbulkan gesekan, dan gesekan akan mengurangi tenaga, menimbulkan keausan, menghasilkan kotoran dan panas.
Guna mengurangi gesekan maka antara bagian yang bergesekan dilapisi oli pelumas (oil film).
Sebagai peredam piston, batang piston dan poros engkol merupakan bagian mesin menerima gaya yang berfluktuasi, sehingga saat menerima gaya tekan yang besar memungkinkan menimbulkan benturan yang keras dan menimbulkan suara berisik.
Pelumas berfungsi untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.Sebagai anti karat . Sistem pelumas berfungsi untuk melapisi logam dengan oli, sehingga mencegah kontak langsung antar logam dengan udara maupun maupun air dan terbentuknya karat dapat dihindari.
Bagian bagian yang penting dari mesin sepeda motor yang memerlukan pelumasan adalah
1. dinding silinder dan torak
2. bantalan poros engkol dan batang penggerak
3. bantalan poros kam
4. mekanisme katup
5. pena poros
6. kipas pendingin
7. pompa
8. mekanisme pengapian
0 comments: