TUNE-UP MESIN TOYOTA KIJANG



TUNE-UP MESIN TOYOTA KIJANG

BAGIAN-BAGIAN TUNE-UP MESIN
1.      Sistem pendingin
·         Tinggi air pendingin Sampai garis atas ( Full )
·         Periksa kualitas cairan pendingin
·         Periksa kebocoran
·         Periksa tekanan pembukaan katup tutup radiator
·          STD :  0,75 – 1,05 kg/cm2
·          Limit : 0,6 kg/cm2
·         Kapasitas air pendingin ( dengan pemanas )

·         type 2K dan 3 K : 5,6 liter
·         type 4 K     : 6,7 liter
·         type 5 K     : 6,5 liter
2.      Tali kipas
·         defleksi tali kipas pada 10 kg ( 22 lb )
·         pompa Air – alternator
tali kipas baru  type 5K : 5- 7 mm
tali kipas terpakai type 5K : 7-11 mm
·         poros engkol – kompresor AC
tali kipas baru type 5K : 9-12 mm
tali kipas terpakai type 5K : 12-16 mm
catatan selain type 5K : 11-14 mm baik untuk  tali kipas yang baru/lama
3.      Saringan udara
Bersihkan elemenya
4.      Baterai
Perhatikan berat jenis elektrolit baterai
Berat jenis STD : 1,25- 1,27 pada 200 C
5.      Oli mesin
·         Periksa tinggi oli sampai garis Full
·         Pengisian kembali menggunakan pelumas API Servis SE atau yang lebih baik
·         Kapasitas pengisian oli  untuk type 2K, 3K
-          Pengisian kering dengan saringan oli : 3,6 liter
-          Kuras dan isi kembali dengan mengganti saringan oli : 3,4 liter
Tanpa saringan oli : 2,9 liter
·         Kapasitas pengisian oli untuk type 4K , 5K
-          Pengisian kering dengan saringan oli : 3,7 liter
-          Kuras dan isi kembali dengan saringan oli : 3,5 liter
-          Tanpa ganti saringan oli : 3,0 liter
6.      Busi
·         Pemeriksaan dengan mata
·         Bersihkan
·         Celah busi type 5K : 0,7-1,0 mm dan untuk selain type 5K : 0,8 mm
7.      Kabel tegangan tinggi
·         Memeriksa hambatan kabel tegangan tinggi STD kurang dari 25 K
8.      Distributor
·         Memeriksa tutup distributor
-          Celah rubbing blok , selain mesin type 5K : 0,45 mm
-          Celah rubbing blok , mesin type 5K: 0,4-0,5 mm
-          Celah udara ;: 0,20- 0,40 mm
·         Memeriksa sudut Dwell : 520 + 60
·         Vareasi sudut dwell : dalam 30  ( darai idling hingga 2000 rpm )
·         Memeriksa saat pengapian
-          Selain mesin type 5K :80 sebelum TMA/idling
-          Mesin type 5K : 50 sebelum TMA/idling@ max.900rpm
Catatan : tranmisi manual posisi netral ( N ) dan vacum advance OFF
9.      Celah katup
·         Katup masuk : 0,20 mm
·         Katup buang : 0,30 mm
10.  Karburator
·         Katup trotel terbuka penuh
·         Periksa pompa percepatan
·         Cuk biasa
·         Pembukaan cuk
11.  Putaran idle
·         Mesin type 2K,3K,4K M/T : 750 rpm
·         4K (KF ) : 600 rpm
·         5K (KF ) : 750 rpm
12.  Konsentrasi CO idle
·         3K- H dan 4K : 0,5-1,5% sistem HIC mati
·         4K ( KF ) : 1,5-2,5% sistem HIC mati
·         5 K ( KF ) : 1,0 ± 0,5% sistem HIC mati
13.  Tekanan kompresi ( 250 rpm )
·         STD ( selain mesin type 5K ) : 11 kg/cm2
·         Limit : 9,0 kg/cm2
·         STD ( 5K ) : 12,6 kg/cm2
·         Limit : 9,5 kg/cm2
Catatan : perbedaan antara silinder kurang dari 1,0 kg/cm2

1 comment:

  1. Maaf kisup saya diisi 3.5 liter dengan saringan namun dipstik oli diatas garis full skitar 1 cm itu bagai mana

    ReplyDelete