TUNE-UP MESIN TOYOTA KIJANG
TUNE-UP MESIN TOYOTA
KIJANG
BAGIAN-BAGIAN TUNE-UP MESIN
1.
Sistem pendingin
·
Tinggi
air pendingin Sampai garis atas ( Full )
·
Periksa
kualitas cairan pendingin
·
Periksa
kebocoran
·
Periksa
tekanan pembukaan katup tutup radiator
·
STD : 0,75 – 1,05 kg/cm2
·
Limit : 0,6 kg/cm2
·
Kapasitas
air pendingin ( dengan pemanas )
·
type
2K dan 3 K : 5,6 liter
·
type
4 K : 6,7 liter
·
type
5 K : 6,5 liter
2.
Tali kipas
·
defleksi
tali kipas pada 10 kg ( 22 lb )
·
pompa
Air – alternator
tali
kipas baru type 5K : 5- 7 mm
tali
kipas terpakai type 5K : 7-11 mm
·
poros
engkol – kompresor AC
tali kipas baru type 5K :
9-12 mm
tali kipas terpakai type
5K : 12-16 mm
catatan selain type 5K : 11-14 mm baik untuk tali kipas yang baru/lama
3.
Saringan udara
Bersihkan elemenya
4.
Baterai
Perhatikan berat jenis elektrolit baterai
Berat jenis STD : 1,25- 1,27 pada 200 C
5.
Oli mesin
·
Periksa
tinggi oli sampai garis Full
·
Pengisian
kembali menggunakan pelumas API Servis SE atau yang lebih baik
·
Kapasitas
pengisian oli untuk type 2K, 3K
-
Pengisian
kering dengan saringan oli : 3,6 liter
-
Kuras
dan isi kembali dengan mengganti saringan oli : 3,4 liter
Tanpa saringan oli : 2,9
liter
·
Kapasitas
pengisian oli untuk type 4K , 5K
-
Pengisian
kering dengan saringan oli : 3,7 liter
-
Kuras
dan isi kembali dengan saringan oli : 3,5 liter
-
Tanpa
ganti saringan oli : 3,0 liter
6.
Busi
·
Pemeriksaan
dengan mata
·
Bersihkan
·
Celah
busi type 5K : 0,7-1,0 mm dan untuk selain type 5K : 0,8 mm
7.
Kabel tegangan tinggi
·
Memeriksa
hambatan kabel tegangan tinggi STD kurang dari 25 KΩ
8.
Distributor
·
Memeriksa
tutup distributor
-
Celah
rubbing blok , selain mesin type 5K : 0,45 mm
-
Celah
rubbing blok , mesin type 5K: 0,4-0,5 mm
-
Celah
udara ;: 0,20- 0,40 mm
·
Memeriksa
sudut Dwell : 520 + 60
·
Vareasi
sudut dwell : dalam 30 (
darai idling hingga 2000 rpm )
·
Memeriksa
saat pengapian
-
Selain
mesin type 5K :80 sebelum TMA/idling
-
Mesin
type 5K : 50 sebelum TMA/idling@ max.900rpm
Catatan : tranmisi manual posisi netral ( N ) dan vacum
advance OFF
9.
Celah katup
·
Katup
masuk : 0,20 mm
·
Katup
buang : 0,30 mm
10. Karburator
·
Katup
trotel terbuka penuh
·
Periksa
pompa percepatan
·
Cuk
biasa
·
Pembukaan
cuk
11. Putaran idle
·
Mesin
type 2K,3K,4K M/T : 750 rpm
·
4K
(KF ) : 600 rpm
·
5K
(KF ) : 750 rpm
12. Konsentrasi CO idle
·
3K-
H dan 4K : 0,5-1,5% sistem HIC mati
·
4K
( KF ) : 1,5-2,5% sistem HIC mati
·
5
K ( KF ) : 1,0 ± 0,5% sistem HIC
mati
13. Tekanan kompresi ( 250 rpm )
·
STD
( selain mesin type 5K ) : 11 kg/cm2
·
Limit
: 9,0 kg/cm2
·
STD
( 5K ) : 12,6 kg/cm2
·
Limit
: 9,5 kg/cm2
Catatan : perbedaan
antara silinder kurang dari 1,0 kg/cm2
Maaf kisup saya diisi 3.5 liter dengan saringan namun dipstik oli diatas garis full skitar 1 cm itu bagai mana
ReplyDelete